Muslim Amerika sedang mengalami cobaan berat pasca pelantikan Donald Trump sebagai presiden.  Kebijakan anti imigran muslim yang diterapkan memicu permusuhan dimana-mana. Bahkan warga jmuslim Amerikapun menderita oleh perlakuan rasis sesama warga mulai dari hinaan verbal, kekerasan fisik, pembunuhan hingga pembakaran masjid terjadi disana.

Seorang wanita Indonesia, Anniesa Hasibuan memperjuangkan sikap anti muslim itu dengan caranya yang sangat berani dan unik. Perhelatannya yang kedua pada New York Fashion Week menarik perhatian media-media maintream internasional dengan peragaan busana muslim hasil karyanya yang ditampilkan oleh para model yang semuanya merupakan imigran dari berbagai belahan dunia.

Maka bertebaranlah judul-judul berita masa di media massa seperti independence, Elle, Popsugar dan lain-lain  tentang pemilihan “all immigrant models” dalam fashion show-nya kali ini. Sebagian dari  model yang tampil adalah para imigran, pemegang green card maupun generasi pertama dan kedua dari warga imigran Amerika yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tak heran mereka terdiri dari berbagai ras dengan warna kulit yang berbeda-beda.

Pada perhelatannya yang season keduanya ini Anniesa tampil dengan dominasi warna-warna metalik seperti emas, silver maupun tembaga dengan berbagai macam desain yang menguatkan pesan bahwa busana seorang muslimah bisa menjadi glamour, stailish, elegan dan anggun. Keseluruhan tampilan desainernya menunjukkan karakter muslimah yang taat pada agama, tegas, mandiri dan powerfull.

Sungguh cara yang cerdas dan luar biasa berani untuk menentang rasisme dan anti Islam, di kandang mereka sendiri. Meski Anniesa sendiri mengakui bahwa pertunjukkannya sama sekali tak ada kaitannya dengan kondisi politik Amerika saat ini.

“There is beauty in diversity and differences , something we should not be afraid of, – Ada banyak keindahan di dalam sebuah keanekaragaman dan perbedaan. Sesuatu yang seharusnya tidak perlu kita takuti.” begitu komentarnya ketika diwawancarai oleh majalan Independence, UK.

Sebagai orang Indonesia yang lahir ditengah-tengah berbagai macam bahasa, suku dan budaya, Anniesa Hasibuan sepertinya menjiwai keberagaman ini dengan sangat sempurna.

LEAVE A REPLY