wanita-muslimah

Wanita Muslimah – Beberapa waktu lalu santer beredar di jejaring sosial, bahaya pemakaian rok bagi wanita muslimah yang berhijab. Dalam artikel tersebut tertulis, bahwa wanita muslimah yang memakai rok rentan mengalami bahaya kecelakaan khususnya kendaraan bermotor.

Penyebabnya adalah panjang rok yang menggapai mata kaki sehingga masuk ke dalam jeruji ban sepeda motor.

Tentu saja komentar netizen yang masuk beragam. Ada yang menyalahkan penggunanya, ada yang pasrah bahwa jika itu sudah menjadi ketentuan. Ada yang yang lebih wise yaitu memakai rok tetapi tetap memerhatikan safety riding.

Lantas, sejauh mana kah penggunaan rok pada muslimah? Bukankah yang kita pahami pemakaian rok merupakan salah satu busana yang disarankan atau bahkan diwajibkan bagi muslimah dalam menutup aurat? Bagaimana wanita muslimah bisa merasa nyaman saat menggunakan rok?

Selama ini kita mengenal macam-macam busana muslimah. Mulai dari burqa, niqab, gamis, dress panjang, dan rok panjang. Ada pula celana kain panjang.

Menggunakan dress dan rok panjang atau gamis menjadi pilihan paling mudah, simple dan tentu saja sesuai dengan syar’i. Bahan rok juga bermacam-macam.

Jika dulu hanya lazim dikenal kebanyakan kain katun sekarang industri fashion hijab sudah berkembang demikian pesat seiring dengan banyaknya muslimah yang mengenakan hijab. Mulai dari satin sampai jersey menjadi favorit para hijabers.

Langkah pertama pilihlah bahan yang tidak terawang. Dilapisi mengunakan celana tipis atau legging dan tentu saja pilih bahan yang nyaman. Pastikan kendaraan motor yang digunakan sudah dicek onderdilnya.

Jika ukuran rok lebar bisa dilipat ke depan, tersingkap sedikit tidak apa-apa asalkan pakai celana panjang sehingga tidak tampak kakinya, kalau memboceng disarankan untuk duduk hadap depan. Jika tidak nyaman bisa hadap samping asalkan rok juga dilipat ke depan sehingga tidak masuk ke ruji roda atau rantai motor.

Pada akhirnya ketika sudah melakukan beberapa langkah sederhana di atas Insya Allah muslimah yang mengendarai motor lebih merasa safety dan nyaman.

Jadi tak ada alasan jika ingin menggunakan rok saat berkendara, asalkan tetap memperhatikan safety riding dengan baik. Kewaspadaan bisa kita buat namun semua tentu terjadi atas perlindungan-Nya. (eka)

LEAVE A REPLY