Dakwah lewat cara yang menyenangkan sekaligus wadah bagi para muslimah kreatif di bidang visual menjadi tujuan didirikannya komunitas Hijabographic.

Komunitas Hijabographic ini didirikan oleh tiga yang berkecimpung di dunia desain, desainer interior Hestia Petrina (26) dan Ryza Sativianti (25) serta desainer grafis Ragillia Rachmayuni (26) pada akhir 2012.  Hijabographic gencar bergerak di ranah media sosial, seperti Twitter, Facebook dan Instagram. “Ini juga tujuannya sebagai dakwah dengan cara yang asyik. Berdakwah dengan ilustrasi menarik,” kata Hestia.

Hestia mengatakan komunitas “hijaber” di bidang visual belum sepesat bidang mode meskipun ada banyak muslimah yang berbakat dan punya karya berkualitas. “Sebagian besar masih berjalan sendiri-sendiri dan kami ingin mewadahinya,” ujar dia.

Hingga saat ini Hijabographic memiliki anggota hingga 1.000 orang dari seluruh penjuru Tanah Air, namun sekitar 500 anggota aktif sebagian besar berasal dari kawasan Jabodetabek. “Kalau kumpul offline, kami juga mengadakan workshop, yang paling baru kami mengundang ilustrator untuk mengajarkan gambar dengan cat air,” ungkap dia.

Saat ini ada beberapa ilustrator dalam wadah Hijabographic yang dilirik oleh penerbit untuk membuat ilustrasi sampul buku. Hestia berharap wadah ini dapat membantu agar bakat-bakat para anggotanya dapat tersalurkan.

Di samping itu, para ilustrator Hijabographic rajin membuat ilustrasi seputar muslimah yang berhubungan dengan isu-isu terkini, misalnya tentang pengajuan polwan berjilbab, yang kemudian disebar lewat media sosial.  “Memang gratis, tapi kami senang saat melihat gambar buatan kami disebar dan dipakai di mana-mana,” katanya. Salah satu karya Hijabographic yang masuk ranah komersial adalah buku “Hijab Comic: Sebab Modis Saja Nggak Cukup” yang terbit tahun lalu.

Ke depannya, Hijabographic ditargetkan menjadi wadah berisi muslimah kreatif di segala bidang, tidak hanya visual, tetapi juga bakat lain seperti fotografi, kerajinan tangan hingga memasak. “Jadi kalau ada yang mencari muslimah kreatif di berbagai bidang, tinggal cari di Hijabographic,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY