Trend Hijab – Perkembangan busana muslimah selama lima tahun ke belakang memberikan angin segar untuk industri fesyen Indonesia. Tak heran kalau para pelakunya optimis, Indonesia akan menjadi kiblat busana muslim dunia pada 2020.

Maraknya kreativitas para pengguna jilbab saat ini menumbuhkan berkembangnya industri fashion busana muslim di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Dalam sebuah fashion expo beberapa waktu lalu di kota Bandung – dengan lebih dari 100 tenant yang berpartisipasi di dalamnya – fesyen busana muslimah dipamerkan dengan beragam gaya.

Apa yang menarik dari fenomena tersebut?

Semua berawal dari keinginan segelintir muslimah yang ingin mendobrak stigma bahwa berkerudung itu kuno. Mereka lalu memunculkan konsep berkerudung yang lebih fashionable.

Kehadiran mereka kemudian berkembang menjadi sebuah komunitas yang secara perlahan tapi pasti memunculkan sebuah celah peluang bisnis di industri fesyen.

Dulu, sekitar sepuluh tahun lalu, sebagian orang mungkin hanya mengenal beberapa lini busana muslim yang memang merupakan ”pemain” lama di bisnis busana muslim seperti Rabbani, Shafira, dan Ranti.

Namun, sekarang, banyak bermunculan lini independen yang terjun ke bisnis busana muslim modern. Dari hal itu dapat ditarik kesimpulan, fenomena jilbab atau yang disebut trend hijab terus berevolusi dari sebuah fesyen menjadi komunitas, sampai akhirnya menjadi sebuah bisnis.

LEAVE A REPLY